Mencecap Ilmu Di Acara Flash Blogging Gelaran KemKominfo

Foto: dokumen pribadi

Di persimpangan subuh, saya bergegas meninggalkan rumah dengan sepeda motor menuju Hotel Novotel yang ada di teluk Lampung. Saya bersama kedua teman saya berangkat pagi-pagi karena jarak yang cukup jauh antra perbatasan Lampung Timur - Metro ke daerah teluk. Kami berangkat sekira pukul 06.30 dan sampai hampir jam 9. Lumayan!

Saatnya mengikuti seminar!

Kami memasuki lobi hotel yang cukup jauh dari tempat parkir. View dari Hotel Novotel cukup menyegarkan mata saat kita melintasinya. Saya dan teman-teman bisa melihat keindahan laut Lampung dari kejauhan, bayangan bukit, yang membuat tambah sejuk suasana pagi.


Acara yang di gelar di ruang Regent ini, dibuka oleh Kominfo dari Republik Indonesia lho, juga perwakilan dari Kominfo Provinsi Lampung! Ibu Yunita Siria, mewakili dari Kominfo Lampung. Acaranya pun dihadiri para blogger, baik tua maupun muda.

dr. Marina sedang menyampaikan materi stunting.

Acara pertama, dimulai seminar kesehatan oleh Ibu dr. Marina bertema "Gerakan Masyarakat Sehat dalam Penurunan Prevalensi Stunting." Ada yang tahu apa itu stunting? Stunting adalah anak-anak atau dewasa yang tingginya di bawah standar karena faktor gizi dan cenderung menjadi anak yang kurang cerdas.

Stunting terjadi disebabkan oleh pola makan, stress berlebihan, makanan siap saji, paparan berbahaya, dan malas bergerak. Saat hamil, sebaaiknya ibu hamil tidak mengalami kurang darah, AMC berkualitas, dan saat melahirkan bayi diberi ASI yang cukup. Menurut Riskerdas tahun 20110-2013 proporsi kunsumsi Fe 90+ hari saat hamil. Dan menurut pemaparan dr. Marina, ASI sangat penting bagi tumbuh kembang buah hati, dan terhadap stunting itu sendiri.

Lalu Bagaimana dengan Ibu yang Bekerja saat Memberi ASI? Ada baiknya perusahaan atau kantor memberikan ruang khusus untuk Ibu memberikan ASI, demi kelancaran bersama. Semoga gerakan ini, dapat berjalan nantinya di tiap perusahaan atau kantor demi meningkatkan kualitas kesehatan bagi keluarga karyawan.

Mba Mira sedng menyampaikan materi.

Sesi Kedua, ini yang juga di tunggu-tunggu oleh kami. Yeay, Creative Writing on Blog! Acara ini dipandu oleh pemateri ketceh dari Emak Blogger, siapa lagi kalau bukan Mba Mira Sahid! Mba Mira memaparkan banyak sekali materi penting dalam dunia blog. 

Beberapa ulasannya seperti:
1. Bagaimana sih bentuk blog yang bagus?
Ada beberapa cara agar blog kita bagus, dan menarik untuk dinikmati para pembaca yaitu; 
-Blog harus ramah mata
Contohnya bisa dalam pilihan warna pada tampilan blog. Warna dasar putih paling aman.
-Blog harus informatif
Sebagai penulis di dunia maya, kita selektif memilih dan meilah tulisan kita, agar tidak merancu ke arah HOAX
-Spesifik
Sebagai blogger kita mesti punya ciri khas pada blog kita. Misalnya spesial blog tentang food, parenting, dan lainnya.
-Personal
Sifatnya personal, tidak terlalu banyak banner yang mengganggu pembaca saat mereka menikmati blog kita.
- Berguna
Tentu donk, saat kita memilih menjadi blogger, kita pastikan tulisan kita berkonten positif dan membawa manfaat bagi pembaca, sekecil apapun itu. (Saya jadi semangat nih!)
Terakhir kata mba Mira, blogg kita harus:
-Unik
Kita pasti memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing, dan semoga keunikan kita bernilai untuk hal yang positif.



Yap, akhirnya selesai juga acara seru bareng mba Mira Sahid! Tapi, acara tidak langsung selesai, kami para peserta diberikan kesempatan untuk latihan nulis blog. Mungkin lebih tepatnya, lomba nge-blog. Deuh, deg-degan nih, maklum masih baru pindah dari nulis blog di WP ke blogspot. Masih banyak ruang yang harus dirapikan. Tapi semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. See U.... ^_^.

Novotel, 12 September 2017

#TemuBlogger
Wilayah Lampung
#FlashBlogging

Komentar