Sosialisasi 4 Pilar MPR RI : Wow, Ketua MPR RI Ternyata Ulun Lampung!

DR. (H.C) Zulkifli Hasan, S.E., M.M  ketua MPR RI sedang mengisi acara Netizen Ngobrol Bareng MPR RI. Foto: dokumentasi pribadi.


"Cintailah tanah air Lampung! Harus bangga jadi orang Lampung!" ucap ketua MPR RI, Pak Zulkifli Hasan, Minggu 19 November 2017. Ucapan itu sempat membuat kami, khususnya aku sendiri menyadari bahwa orang Lampung banyak yang berprestasi. Tidak kalah dari provinsi lain. Bahkan salah satu anggota DPR RI yang cukup diperhitungkan, Pak Muzzammil Yusuf juga orang Lampung. Penulis yang belakangan mendapatkan penghargaan Islamic Book Award 2016 kategori non fiksi anak dan bukunya sudah terbang ke Frankfrut, Mba Fadila Hanum juga orang Lampung, belum lagi siswa-siswi yang belum lama mendapatkan juara olimpiade matematika di Singapura juga asal Lampung, dan lain-lain.




Ya, aku merasa tergetak, kita ini adalah orang hebat! Jangan kalah, untuk menjadi sesuatu yang mengindahkan! Begitu pikirku. 

Suasana jelang acara dimulai. Foto: dokumentasi pribadi Betty Permana.


Acara yang beralamat di Jalan Rasuna Said No.18, Gulak Galik, Teluk Betung Utara, Gulak Galik, Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung, tepatnya di Swiss-Belhotel ini sudah dipadati para netizen dari Tapis Blogger sebelum acara di mulai. Bahkan aku dan teman-teman berangkat dari Metro setelah dzuhur, dan sampai beberapa jam sebelum acara dimulai. Itu dikarenakan jarak yang cukup jauh dan menghindari hujan di saat-saat seperti sekarang ini. Inilah kami, rider perempuan tangguh!


Beberapa jam sebelum acara, baru sampai. Foto: dokumentasi pribadi.

Tapis Blogger Asal Metro dan Lampung Timur. Foto: dokumentasi pribadi.



Acara pertama-tama dipandu oleh Bang Yandigsa asalah Tapis Blogger yang juga duta lingkungan dari Lampung Tengah. Kemudian acara dimulai, kami bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara mulai terasa formal tapi cukup santai dan tidak membuat ngantuk, tepuk tangan deh buat acaranya, yeay!

Bang Yandigsa, MC dari Tapis Blogger. Foto: dokumentasi pribadi.


Malam mulai merangkak, Ibu Siti Fauziah, S.E., M.M. sebagai Kepala Biro Humas MPR RI maju ke podium memulai sambutan. Lalu, Pak Ma'ruf Cahyono, S.H., M.H. Sekretaris Jenderal MPR RI juga memulai sambutan. Tidak hanya sambutan, tapi beliau juga membacakan puisi berjudul Manifesto yang di awali dengan kata-kata, "Masih Indonesiakah Kita?" senang sekali mendengarnya, puisinya menggelitik, cukup antusias bagi yang mendengar terlebih kami para blogger memang beberapa dari kami adalah penulis, jadi cucok banget kalau ada yang berpuisi. 

Pak Ma'ruf  Cahyono, KABIRO HUMAS SEKJEN MPR RI. Foto: @masbique.


Acara "Netizen Ngobrol Bareng MPR RI" ini juga tak ketinggalan kami disuguhi makan malam bersama seperti pada acara-acara yang biasa aku ikuti di kesempatan lainnya. Tapi walau begitu, aku pribadi tetap menyukai aktivitas satu ini, ya orang jauh, bisa lebih berhemat, hehe.
Pak Ma'ruf Cahyono, KABIRO HUMAS SEKJEN MPR RI. Foto: dokumentasi pribadi.
4 PILAR MPR RI. Foto: dokumentasi pribadi.


Kembali lagi ke acara, banyak ilmu yang aku dapatkan pada Sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini. Kandungan dari 4 Pilar MPR RI adalah sebagai berikut:


1. Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara 
2. UUD NRI Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara 
3. NKRI Sebagai Bentuk Negara 
4. Bhenika Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara

Foto: Dokumentasi Tapis Blogger.

Selain empat pilar, kami juga dikenalkan jajaran MPR periode 2014-2019 yaitu DR. (H.C) Zulkifli Hasan, S.E., M.M sebagai Ketua MPR RI, DR. H.M. Hidayat Nur Wahid, MA., sebagai Wakil Ketua MPR RI, H. Mahyudin, S.T., M.M., sebagai Wakil Ketua MPR RI, Letjen TNI (purn) E.E. Mangindaan, S.IP sebagai Wakil Ketua MPR RI, dan DR. Oesman Sapta sebagai Wakil Ketua MPR RI. Hmmm, ternyata wakilnya banyak juga ya?

Suasana acara. Foto: dokumentasi pribadi.

Apakah hanya itu saja? Banyak! Sampai cukup bingung mana saja yang mau ditulis. Dalam pemaparannya, Pak Zulkifli Hasan mengatakan bahwa bangsa ini memiliki beberapa masalah seperti kemiskinan, korupsi, kesenjangan, dan ketidakpercayaan atau distrust.


Selain memaparkan kondisi bangsa, Pak Zulkifli juga mengingatkan kembali agar bijak bersosmed, dan aku pribadi merasa bersyukur termasuk dalam bagian Tapis Blogger yang mendapatkan kepercayaan untuk mengikuti acara yang luar biasa ini. Sejauh ini Tapis Blogger memang berperan aktif dan positif terhadap isu-isu yang ada, sekaligus membantu teman-teman lainnya dalam mengadakan suatu agenda atau mempromosikannya, sehingga diterima khalayak dengan baik dan berusaha menghindari hoax. Sebelumnya Tapis Blogger juga diundang KEMENKES RI dalam acara Hari Hepatitis Sedunia yang didakan di Asoka Luxury Hotel pada beberapa waktu yang lalu, pernah juga acara Flash Blogging dengan pemateri blogger kenamaan Mira Sahid. 

Jadi tranding topic di Twitter. Foto: dokumentasi anggota Tapis Blogger.

Acara yang berdurasi sekitar tiga jam ini, ternyata menjadi tranding topic di Twitter, cukup sebuah karya yang membanggakan. Semoga kedepan, banyak acara-acara positif dan edukatif yang bisa pemerintah selenggarakan, dan masyarakat rasakan. Tetap berkarya, menjadi positif, dan produktif. Sekian dari saya, salam literasi!

Anggota Tapis Blogger dan panitia. Wuih, ramenyaaa! Foto: dokumentasi mba Sasha & kak Yoga.

Foto bersama anggota MPR RI dan Bupati Lamsel beserta anggota Tapis Blogger laki-laki karena tidak muat jadi harus gantian :D. Foto: mba Sasha dan Kak Yoga.


Yeay, serunya acara yang sudah selesai dengan happy ending :D. Alhamdulillah. Foto: mba Sasha dan Kak Yoga.

Logo Tapis Blogger, Bloggernya Lampung. Foto: dokumentasi Tapis Blogger.


Lampung Timur, 26 November 2017.
Di desa tempatku berkumpul dengan keluarga.
Dari desa menuju dunia. Betty Permana.




























Komentar

  1. Semoga anak-anak muda Lampung makin kokoh kecintaannya terhadap bangsa tercinta ini dengan adanya acara ini. Salam kenal Mbak Betty..

    BalasHapus
  2. Wah, keren ulasannya. Semoga generasi bangsa ini mejadi generasi dengan ideologi kuat, ya. NKRI menjadi semakin kokoh dengan 4 Pilar MPR RI.

    BalasHapus

Posting Komentar